Waspadai Nyeri Otot yang menyerang!

By | October 26, 2021

Waspadai Nyeri Otot yang menyerang!
Seputar Nyeri Otot
Otot merupakan alat gerak aktif yang rentan gangguan. Seringkali, nyeri otot yang datang tiba-tiba mengganggu stamina dan kinerja. Keluhan rasa nyeri dapat berlangsung sesaat, beberapa hari, hingga menahun tergantung dari tingkat gangguannya. Jika keluhan ini tidak segera diatasi, nyeri otot dapat menjadi gangguan yang lebih serius. Oleh karena itu, jangan anggap remeh gangguan ini karena dapat berujung pada kerusakan jaringan yang lebih akut dan bersifat degeneratif seperti dikutip dari Dr. M.R. Rachmawati Tutuko, Sp.RM, spsesialis rehabilitasi medik

Penyebab
kita sering kurang memahami pemicu masalah nyeri otot. Menurut studi terbaru The American Academy of Neurology, kondisi stres, lelah akibat aktivitas yang berlebihan, cedera otot akibat latihan fisik (termasuk keseleo), sulit tidur, hingga sakit kepala adalah faktor-faktor pemicu umum. Nyeri otot juga dapat menjadi tanda-tanda kondisi yang memengaruhi seluruh tubuh, seperti adanya infeksi (termasuk flu) dan gangguan jaringan ikat tubuh (misalnya lupus) seperti yang dikupas lebih jauh oleh Handoko Tantra dalam Olahraga dan Kesehatan.

Gejala
Seperti dikutip dalam buku Thornsons Health Series tentang Muscle Pain: Diagnosis & Treatment,gangguan ini ditandai dengan rasa nyeri dan sakit pada bagian-bagian tubuh seperti: ligamen (hubungan antartulang/sendi), tendon (hubungan otot dengan tulang), fasia (jaringan ikat pembungkus otot), serta jaringan lunak lain penghubung otot, tulang, dan organ.

Perawatan
Studi oleh Leon & Chaitow (2011) dalam buku Your Self Treatment Guide, dianjurkan untuk segera beristirahat dengan cukup untuk meredakan rasa nyeri otot. Selain itu, dapat dikonsumsi beberapa jenis obat oral (minum) yang mengandung vitamin B1, B6, dan B12 maupun obat topikal (oles) yang mengandung bahan aktif metil salisilat, mentol, dan eugenol. Untuk tindakan sementara, dapat pula mengompres bagian yang nyeri dengan batu es untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Tips Pencegahan

  • Lakukan rileksasi  untuk meregangkan otot yang stress
  • Jafa keseimbangan waktu untuk beristirahat dan beraktivitas. Istirahat selama 8 jam di malam hari ideal untuk menjaga kesehatan otot
  • Berolahraga secara teratur, selama 20-30 menit per hari. hindari latihan fisik yang dapat menyebabkan rasa nyeri
  • Biasakan sikap tubuh yang baik. Angkat barang yang berat dengan tumpuan otot pangkat paha (pinggul), bukan dengan punggung.
  • Hindari kursi dan kasur terlalu empuk
  • Berendam dalam air hangat, terutama setelah melakukan latihan fisik
  • Usahakan tidak membawa beban berat dengan cara digendong atau dipanggul, tetapi sebaiknya ditarik dengan alat

Leave a Reply

Your email address will not be published.